Berburu Jajanan Enak Bandung di Kiosk Dago



Saat ingin pergi ke suatu daerah dan mencicipi jajanan maupun kulinernya, biasanya apa yang kalian lakukan? Mencari review pastinya ya, untuk memudahkan dan menghemat waktu kita juga. Dengan membaca/melihat reviewnya, kita udah tau gambaran umum tempatnya kayak apa, akomodasinya bagaimana, juga budget yang harus disiapkan berapa.

Nah, review ini juga macam-macam kan. Ada dari mbah google yang reviewnya berasal dari para local guides, atau kita bisa juga membaca ulasan dari para food blogger dan food vlogger. Dari ketiga macam itu, saya lagi suka banget sama yang terakhir nih: melihat review food vlogger.

Buat saya lebih puas aja gitu ngeliat video langsung. Cakupannya lebih luas, tekstur dan 'isi' makanannya pun lebih tereksplor. Terus kapan kamu bikin vlog, Nyak? Aduh, hahaha. Malunya masih banyak ini, belum siap mental cuap-cuap depan kamera sambil dliatin orang. Jadi kumasih setia sama blog aja deh. Lagian baik vlog maupun blog pasti ada penikmatnya sendiri. #Lahpembelaan, wkwk.
Vlog tentang jajanan yang kemarin baru saya tonton dan sukses bikin saya ngiler sepanjang acara adalah punya Bang Raditya Dika. Dari awal bikin konten perang makanan udah suka sih sama konsepnya. Apalagi tandemnya sama Pandu yang bisa banget ngasih pendapat yang pas tentang makanan. Belum lagi tebak-tebakan garing dan momen Bang Radit ngerjain Pandu yang selalu bikin ngakak.

Jajanan Enak Bandung di Kiosk Dago

Jadi perang makanan kemarin itu berisi review jajanan Bandung yang ada di Kiosk Dago. Semacam food court gitu, jadi dalam satu tempat banyak jajanan maupun kuliner Bandung yang di jual. Ini jadi solusi banget sih buat kalian yang mau eksplor jajanan Bandung tapi malas atau nggak punya banyak watu untuk berpindah-pindah tempat.

Kiosk Dago yang beralamat di Jl. Ir. H.Djuanda No.48, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung ini bersih dan cozy banget.

Ada 5 makanan yang dipesan untuk kemudian di review sama Bang Radit dan Pandu. Apa saja?

Mie Kocok


Dinamakan mie kocok katanya karena pas meracik mie nya dikocok (diaduk) dulu. Semangkok kelezatan berisi mie kuning, tauge renyah, kikil yang kenyal, dan kuah yang gurih. Jangan lupakan pelengkap berupa bawang goreng dan kucuran jeruk limau ya. Gimana, udah ngiler belum? Hahaha.

Olahan mie yang sensasi rasanya lebih mirip soto ini dapat kalian nikmati dengan IDR 29K/mangkok.



Ugh, denger namanya disebut aja udah kebayang kelezatannya ya. Saya pas di Jakarta udah seriiing banget makan Batagor. Tapi masa katanya seenak-enaknya batagor di daerah lain masih kalah enak sama batagor asli Bandung. Masa iya? Huhuu, penasaran abis.

Batagornya bener-bener kenyal, potongannya besar-besar, dan kulit pangsitnya renyah banget. Pas denger harganya nggak heran sih, lha wong seporsi gini IDR 39K cobaaa, hahaha. Kata Pandu yaiyalah enak dibandingin sama abang-abang gerobak di Jakarta yang dijual seplastik cuma goceng. LOL.

Iga Bakar Jangkung



Makanan selanjutnya yang di pesan Bang Dika adalah iga bakar jangkung, yang katanya merupakan makanan favoritnya di Kiosk Dago. Tampilan iga sapinya coklat banget karena memakai banyak kecap. Tapi tunggu dulu, rasanya bukan hanya manis tapi ada sensasi pedas juga dari bumbunya.

Yang bikin istimewa adalah iga yang lembuut banget. Kadang ada kan olahan iga yang masih alot atau kurang lembut. Kalau iga bakar jangkung ini mngkin teknik bakarnya pas sehingga terciptalah iga bakar yang garing di luar tapi tetap lembut pas dikunyah.

Iga bakar jangkung bisa kalian nikmati dengan harga IDR 42K/porsi


Sate Hadori


Sate ini legendaris banget karena untuk membuatnya harus mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke samudera. Itu Hatori, Nyaaak. Hatoriiii. 

Hahaha, iya iya. Jadi yang bener, sate ini legendaris karena emang udah turun-temurun dari tahun 1940. Sate asal Garut ini terkenal dengan rasanya yang nggak amis (prengus). Potongan daging dan lemaknya besar-besar dan lembut banget pas digigit.

Konon sate ini juga kegemarannya presiden Jokowi loh. Kalau Bang Radit malah bilangnya ini sate kambing terenak seIndonesia. Hmmm, sebagai penggemar sate kambing wajib banget cobain sih.

Sate kambing Hadori: IDR 55K/porsi

Nasi Liwet

Terakhir yang dicoba adalah makanan yang disebut Bang Radit sebagai makanan rumahan, yaitu nasi liwet. Kalau yang ini emang lagi ngehits banget ya. Di mana-mana kalau ada acara makannya model liwetan gini. Jadi gelar daun pisang terus nasi liwet dan pelengkapnya di sajikan per porsi di depan masing-masing orang.

Kalau dipikir-pikir dan diperhatikan dengan seksama, masakan Bandung/Sunda memang terkenal dengan: sederhana tapi enak! Nggak macem-macem gitu ngolahnya, tapi kok seenak gitu. Belum lagi jajanan lan macem cilok, cimol, somay, lomi, colenak, bandros, atau surabi. Nyaaaam semua.

Yuk, ke Bandung Naik Bus Xtrans!

Saya itu lebaran besok jatahnya di Jakarta, karena lebaran kemarin udah di Kebumen, Rencana sih cuma sampai H+2 ada di sana. Kayaknya seru ya kalau pulangnya mampir ke Bandung dan kulineran. Selain bisa ditempuh dengan kereta, sekarang ada lho pilihan moda transportasi lain yang nggak kalah nyaman yaitu Bus XTrans.

Xtrans adalah perusahaan asal Bandung yang bergerak di bidang jasa transportasi. Perusahaan ini secara khusus menyediakan layanan angkutan antar-kota jenis shuttle travel. Daerah operasional Xtrans utamanya lintas kota Jakarta – Bandung.

Xtrans ini merupakan pemain pertama yang mengenalkan sistem “pool to pool”.  Jadi sistem ini mengadaptasi pola perjalanan tepat waktu yang diterapkan oleh moda transportasi kereta api. Penumpang yang naik shuttle travel diarahkan untuk keluar dari daerah asal dan masuk ke daerah tujuannya melalui pool yang tersedia. 

Sistem ini menjadi alternatif yang lebih efektif dibandingkan sistem lama yang umumnya menjemput dan mengantar penumpang melalui alamat masing-masing (sistem door to door). Dengan sistem ini, perusahaan dapat menyingkat banyak waktu yang selama ini terbuang akibat menjemput dan mengantarkan penumpang pada tempat yang berbeda-beda. 

Nah, buat kalian yang mau menjajal layanan Bus Xtrans ini bisa pesan melaluin Traveloka di link berikut ya: https://www.traveloka.com/tiket-bus-travel/xtrans

Gimana, siap berburu jajanan enak Bandung? Semoga artikel ini bermanfaat buat referensi ya.


Love,






29 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Iga jangkung itu enak kata suami dan aku belum pernah makan di sana jadi kepengen nih mba kulineran ke Dago ehehhe

    ReplyDelete
  3. Aduh, jajarannya menggunggah selera. Mana aku lagi paper siang ini wkwkkk
    Bandung ni masih jadi impian untuk dikunjungi. Semoga suatu hari bisa kesana deh

    ReplyDelete
  4. Paling dicari banget tuh mie kocok kalau ke Bandung ya, tapi ada beberapa yang dagingny suka nau, makanya perlu banget baca review temen-temen blogger kaya gini.
    Waduh ngiler lihat iga bakar jangkungnya bikin laper

    ReplyDelete
  5. Mie kocok sama batagor itu lho pengen makan euy. Tapi kalau Bandung memang terkenal kulinernya ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Mie kocok, nyam-nyaaammmm....

    Bandung tuh ya, gak lekang oleh kulinernya yang enak-enak.
    Selalu ngangenin deh.
    Dan bikin pengen selalu kembali ke Bandung :D

    enak juga naik bus di Bandung ya, bisa intip Traveloka nih buat pesan tiket bus :)

    ReplyDelete
  7. Inilah yang akan membuat kita kembali ke Bandung, Dago. Kulinernya enak enak dan menggugah selera.

    ReplyDelete
  8. Mie kocok dan satenya menggoda banget nih mba.. InshaAllah aku ada rencana ke Bandung jalan jalan sama temen.. asik nih udah ada rekomendasi makan apa aja nanti kalo ke bandung.. thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
  9. Rasanya saya pernah mampir dan jajan kuliner di sini, tapi lupa kapan, hehehe. Saya pengguna XTrans juga nih mbak, dekat poolnya dari rumah di area BSD. Kalau ke Bandung, tinggal duduk manis di XTrans deh.

    ReplyDelete
  10. Makanannya bikin ngilerrr. Aku nakdir mie kocoknya sih soalnya emang suka mie-miean. Paling seneng kalau di kota ada Bus Xtrans. Lebih nyaman yaaa

    ReplyDelete
  11. Batagor kuyyy... Tapi kalo iga bakar aku baru denger mba.. Kapan kalo ke Dago bandung mau coba ahh.. Siapin bajet gede secara kota kuliner

    ReplyDelete
  12. Klo ke bandung, saya pribadi wajib bgt makan batagor bandung Mak, rasanya lebih maknyoss n seneng krn beli di kota asalnya. Nanti coba makan iga bakar jangkung ah :)

    ReplyDelete
  13. Saya juga suka banget dengan jajanan khas Bandung, terutama batagor sama cireng yang ada bumbu kacangnya, bahkan sampe dibelain titip teman yang ada disana dan dikirim ke Denpasar Hehehe.... Yang belum tahu rasanya tuh iga bakar jangkung dan sate hatori... Bikin ngiler deh kalau ngomongin kulineran di Bandung.

    ReplyDelete
  14. Jajanan Bandung emang juara ya Nyak.aku ke Bandung kemarin cuman sebentar ga sempet mampir kulinernya

    ReplyDelete
  15. Sate kambing hadori itu seporsi isinya berapa tusuk mba 55k itu?

    ReplyDelete
  16. Adududuh... Demi apa pagi-pagi udah disodorin mie kocok, nasi liwet, batagor, iga bakar, dan lain-lainnya itu.. Jadi kangen Bandung. Kangen kulineran di sana

    ReplyDelete
  17. Wuih sukses banget pagi2 jadi pengin mie kocok sama batagor hahaha.... seru emang ya kulineran Bandung itu.

    ReplyDelete
  18. Ngiler euy makanan bandung Nyak
    pas ke Crownplaza bloggerday alhamdulillah udah incip nasi liwet enak ya
    bikin nageh nyak

    ReplyDelete
  19. Sudah banyak hal yang teman saya bagi soal Bandung
    Saya pun jadi ga sabar beneran mau dolan ke sana
    Tapi masih nabung karena pasti butuh biaya hehehe
    Dan Kiosk Dago ini juga jadi incaran.

    ReplyDelete
  20. Yuk ke Bandung. Kita berburu makanan lain yang enak selain yang disebutin di atas. Biar saya jadi guide-nya. Banyak bangeeet makanan enak di Bandung. Sekalian kita kopdar. :D

    ReplyDelete
  21. Yuk ke Bandung. Kita berburu makanan lain yang enak selain yang disebutin di atas. Biar saya jadi guide-nya. Banyak bangeeet makanan enak di Bandung. Sekalian kita kopdar. :D

    ReplyDelete
  22. Wiii...jajanan kotaku ternyata yang dibahas.
    Cakep~

    Yang bikin ketagihan ituuu...malah jajanan anak-anaknya Nyak..
    Hehheeh....aku mah receh pissaan.

    ReplyDelete
  23. Bandung tuh selain surga parawisata juga surga kuliner ya banyak banget macamnya disana. Bte aku kok ngiler sama satenya ya, kayaknya enak.

    ReplyDelete
  24. Bagus juga ya mba buanya dan yang pasti jajanan kuliner di Bandung memang juara

    ReplyDelete
  25. Jadi penasaran dengan vlog Radith yang mengulas makanan di atas. Btw lihat gambarnya bikin ngiler deh Mbak. Jadi pengen ke Bandung nih. Belum pernah ke sana juga sih ��

    ReplyDelete
  26. Pas masih tinggal di Bandung, Kiosk Dago salah satu tempat favorit karena varian makanan di sana banyak dan tentu saja menyediakan counter kuliner favorit kayak iga si jangkung, lokasinya pun deket

    ReplyDelete
  27. Ntar kalau bisa piknik ke Bandung, mau ah nyobain langsung batagor asli sana. Setauku kan batagor udah tersebar di seluruh penjuru bumi nih :)) Butuh tau yang kayak gimana rasa aslinya dari Bandung. Mie kocoknya juga menarik banget, apa beda ya dengan mie kopyok yang ada di Semarang? Mie kopyok itu dinamakan seperti itu karena pas bikin juga dikopyok2 alias dikocok2 gitu.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih banyak ya sudah mampir dan membaca blog ini. Yuk berkomentar, biar saling kenal dan saya bisa balas berkunjung^^