5 Kuliner Khas Kebumen yang Wajib Kamu Coba.



Halo haiiii. apa kabar semua? Yaampun udah lama banget ya blog ini nggak update tulisan baru. Smeenjak pindah ke Jawa kayaknya. Iya, sekarang saya udah nggak di Palopo, pemirsa. Udah balik ke Kebumen kota tercinta. Untuk cerita lengkapnya bisa kalian baca di sini: 2018 overview.

By the way, ada yang pernah ke Kebumen? Kota kecil yang terkenal dengan landscape nya yang indah dan goa-goa yang masih terjaga keasliannya ini, juga menyimpan banyak banget kekayaan kuliner yang siap memanjakan lidah lho.


Nah, di postingan kali ini saya bakalan sharing ke kalian tentang kuliner khas Kebumen yang wajib banget kalian coba. Meski banyak dan semuanya enak-enak, tapi sekarang cukup 5 saja yang mau saya review yaaa.

Here we go!

5 Kuliner Khas Kebumen yang Wajib di Coba

1. Sate Ambal

Foto: Instagram @humaskebumen

Nggak komplit rasanya kalau berkunjung ke Kebumen tanpa mencicipi sate ayam yang namanya sesuai dengan desa di mana dia berasal: Ambal. Sate yang cukup berbeda dengan sate pada umumnya. Apa pasal? Karena kalau sate pada umumnya dagingnya mentah dan langsung di bakar, maka sate ambal daging ayamnya direbus dulu dengan bumbu-bumbunya. Jadi pas dibakar makin meresaaap gitu.

Perbedaan lainnya adalah saosnya. Kalau sate pada umumnya menggunakan saos kacang, maka sate ambl ini menggunakan saos yang terbuat dari tempe. Hmm, kalian heran? Hihi. Rasanya tetap enak kok, dan khas banget! Ada sensasi manis dari saos tempe yang dihaluskan berpadu dengan gurihnya sate ayam . Nyaaaam!

2. Nasi Penggel

Foto: Instagram @visitkebumen

Kuliner ini akan banyak kita temukan di sudut-sudut kota Kebumen, terutama saat CFD di alun-alun. Tapi harus pagi ya, karena kalau kesiangan dikit pasti kehabisan :(. Nasi penggel bisa dimakan dengan aneka sayur dan lauk yang bisa kita pilih sesuai selera. Tapi yakiiin deh, kalau udah di TKP mah pasti bingung dan maunya semua diambil, hahaha.

Sayur gori (nangka muda), paru, kikil, oseng-oseng, plus jangan lupa tempe mendoannya dong. Biar makin maknyus!

3. Pecel dan olahan Yutuk

Foto: koleksi pribadi

Kalau kalian berkunjung ke pantai-pantai di Kebumen, maka akan sangat mudah menemukan warung-warung pecel di sana. Hidangan yang ditawarkan rata-rata sama: nasi pecel yang biasa disantap dengan lontong, tempe mendoan, aneka ikan, daaan yutuk.

Yutuk ini termasuk ke dalam marga kepiting (((marga))). Inget banget jaman kecil saya sering diajak bapak berburu yutuk kalau lagi ke pantai/laut. Geraknya cepeeet banget. Yutuk ini berubah warnanya menjadi merah ketika digoreng. Selain itu bisa juga dibikin botok, dibikin peyek atau ditusuk seperti sate gini. Kriuk kriuuukkk.

Jadi mari duduk bersamaku di warung, menikmati debur ombak sembari makan sego pecel lengkap dengan tempe mendoan dan yutuk. Minumnya kelapa muda deh. Masya Allah, maka nikmat Tuhan yang manakah yang akan kau dustakan? :D

4. Soto Petanahan

Foto: Instagram @kulinerankebumen


Petanahan adalah salah satu kecamatan di Kebumen. Yang khas dari soto petanahan adalah togenya yang masih ada kulitnya. Kesannya emang jadi ngeres gitu ya, tapi percayalah di situ letak kenikmatannya. Kuah yang segar dan ayam kampung yang gurih berpadu dengan sensasi toge yang fresh.

[ Baca juga: Resep Capcay Kuah Tomat]

5. Lanting

Foto: Wikipedia

Nah, kalau yang terakhir ini berupa camilan. Hmm, siapa sih yang nolak lanting aneka rasa yang kriuk ini? Udah gitu harganya murce mursida. Cocoook banget dijadikan oleh-oleh. Wong satu bal gitu yang guede paling harganya sekitar 60rb dan berisi 12 bungkus lanting.

Jaman masih jadi perantau, tiap mudik lebaran temen-temen saya udah pasti nitip lanting. Maka saya akan balik dengan membawa berkardus-kardus lanting. Mau jualan, Nyak? Wkwk


Nah, itu tadi 5 kuliner khas Kebumen yang wajib banget kalian coba. Jadi kapan nih, mau berkunjung ke Kebumen? Saya siap loh jadi guidenya ;)

Sampai jumpa di Kebumen yaaa^^

Love,
Nyak Rotun

6 comments

  1. Aduh jadi pingin ke Kebumen untuk kulineran

    Tapi tidak untuk lanting, keraaaassss :D :D

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah ke Kebumen, tapi ke kota-kota tetangganya malah udah. Dari Jogja ke Kebumen enaknya naik travel atau bus aja, kapan-kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhhh kepotong..
      Kapan-kapan dehhh Saya sempatkan jalan-jalan ke Kebumen :)

      Delete
  3. Ya Allah, mampir ke sini malah ngiler mulu bawaannya. Jadi pengen liburan ke kebumen, pengen nyobain semua kulinernyaaaaaa. AAAAAK <3

    ReplyDelete
  4. Satu2nya makanan khas Kebumen yang agak sering saya nikmati adalah lanting.
    Maklum saya pernah tinggal di Kebumen selama 2 minggu pada tahun 974 karena Latihan Sitarda Taruna Akabri.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  5. Sukaaa ama satenya, jadi kayak sate klopo ya, lebih enak karena ada bumbunya meresap banget.
    Btw lanting itu dari parutan singkong bukan mba? di Sulawesi juga ada loh, namanya tuli2, enak banget di makan pakai sambal nyam :D

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih banyak ya sudah mampir dan membaca blog ini. Yuk berkomentar, biar saling kenal dan saya bisa balas berkunjung^^