Resep Capcay Kuah Saus Tomat: Enak dan Segar !



Fyuuuuh, hampir dua minggu nggak masak karena jagain anak yang sakitnya gantian. Efeknya berasa banget bok, apalagi di kantong. Ya bayangin aja, buat sarapan misal beli bubur atau sesederhana beli roti tawar sama isiannya udah berapa. Itu roti tawar sebungkus langsung habis loh. Belum makan siang, misal beli paketan nasi ayam lima belas ribu aja, kali empat, udah berapa. Belum lagi makan malam! *pijit kening *pijit dompet.

Efek lainnya, keenakan nggak masak terus mau mulai lagi magernyaaa ampun-ampunan. Suami juga yang punya tugas belanja ikutan mager. Tapi sungguh ini tidak bisa dibiarkan. Demi #irit2018 kita harus bergerak. Serentak.

*Ini apa sih*

Buat pemanasan, saya akhirnya masak yang simpel-simpel dulu, misal: Nggoreng nugget.
Enggak deng. Bukan masak itu mah.

Saya akhirnya masak menu andalan yang merupakan perpaduan yang sangat sempurna: praktis, enak, dan gizinya lengkap. Sering disebut one dish meal, yaitu paket komplit dalam satu porsi. Ada bahan karbo, lauk berprotein dan lemak, serta sayur-sayuran lengkap dalam satu piring. Selain mengenyangkan, sajian ini juga bergizi lengkap sehingga baik dikonsumsi. Perfecto.

Baca juga: Nasi Goreng Selimut Telur

Dan pilihan one dish meal kali ini adalah...

CAPCAY KUAH

Capcaynya agak beda soalnya saya kasih tambahan saus tomat. Kuahnya jadi merah menggoda gitu, dan jadi seger banget. Nyaaamm.

Langsung aja ya, ini dia:

Resep Capcay Kuah Saus Tomat


Bahan-bahan:

  • 100 gr udang kupas
  • 100 gr daging ayam, potong dadu
  • 5 buah bakso daging, iris bulat
  • 2 buah sosis ayam, iris serong
  • 100 gr bunga kol, siangi per kuntum
  • 100 gr buncis, iris serong
  • 2 buah wortel, iris serong
  • 5 lembar sawi putih, belah dua dan potong-potong
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
  • Air secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu-bumbu:

  • 4 siung bawang putih dan 4 siung bawang merah, cincang kasar
  • 1 buah bawang bombay, iris kotak
  • 2 batang daun bawang, iris serong
  • 1 buah cabe merah besar, buang isinya dan iris serong
  • 1 cm jahe, iris tipis
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdt merica bubuk
  • Garam, gula dan lada halus secukupnya

Baca juga: Resep Sempol Ayam

Cara Memasak:

  1. Panaskan minyak goreng, masukan kocokan telur dan bikin orak-arik. Sisikan di pinggir wajan
  2. Tumis bawang merah putih, bawang bombay dan jahe sampai harum
  3. Masukkan ayam, udang, bakso, sosis, kembang kol, dan wortel. Tambahkan air secukupnya lalu tutup wajan
  4. Tambahkan bumbu yang lain: garam, gula, lada bubuk, saus tiram dan saus tomat. Aduk rata kembali
  5. Masukkan buncis, sawi putih dan daun bawang. Aduk rata dan tes rasa. Jika sudah oke, masukkan larutan maizena. Masak sebentar hingga ada letupan. Angkat dan siap disajikan.
Karena capcay ini udah lengkap, nggak masak lauk lagi juga oke kok. Paling tambah kerupuk sama sambel. Maknyoooss. Kemarin sih saya tambah nugget goreng. Bisa juga ditemenin sama tempe dan tahu goreng. Apa aja wes, yang penting okeee.

Selamat masak^^
Nyak Rotun

29 comments

  1. Salfok sama piringnya mba. Jadoel2 gimanaaaa.. gitu..
    Keceee hihihi
    Btw salam kenal Mba Rotun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, mengingatkan jam kecil dulu ya Mba, hihi.
      SAlam kenal kembali Mba, makasih udah mampir ya^^

      Delete
  2. simple banget ya mbak bikinnya..aku agak moody kalau masak...cuman ini lagi rajin lantaran si kecil maemnya susah tfs mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bisa dicoba menu capcay ini Mba. Komplit, anakku suka soalnya ada sosis dan baksonya. Sekalian deh disuapin sayurannya juga :)

      Delete
  3. makasih resepnya Nyak, mau coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mba Kania. Yuk yuk cobain

      Delete
  4. Baru aja kemarin aku bikin capcay, mba. Tapi kuahnya aku pakai sdikit saos sambal biar agak pedes sih. Capcay tuh cara buat gampang dan enak serta menyehatkan pula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku belum ada yang doyan pedes, Mbaa. Huhuuu
      Jadi emak bapaknya ngalah, pake sambel terasi makannya :D

      Delete
  5. Nyakkk, aku suka banget capcay.. tapi pak suami nggak demen ��
    Mbak nyak, moga sehat2 ya. Iyah bener berasa, buat sarapan klo beli itu jadi agak bocor2 halus pengeluaran..tapi klo lagi pada sakit berasa capek nyaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa nhgak demen? Nggak suka sayur ya?
      Iyaa, amiin. Duh boro-boro deh mikir masak kalau anak lagi sakit. Ditinggal bentar aja anaknya udah nangis *___*

      Delete
  6. Mbak, saya baca ini jam 10 malam. Trus jadi laper, hehehe. Saya suka banger capcay karena komplit isinya. Tapi selama ini masaknya pake bumbu instan. Makasih resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh, maafkan yaa. Yaudah besok pagi cuss bikin, hihi.
      Sama-sama, aku malah nggak tau ada bumbu instannya, taunya paling yang buat nasi goreng, lodeh atau sayur asem. Ternyata ada ya yang capcay *kudet

      Delete
  7. Ya Allah laper banget pagi2 baca ginian. Hari ini mau masak capcay jg ah, TFS resepnya :D

    ReplyDelete
  8. Mpo suka pakai saos belibis rasanya asam manis walaupun encer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesukaan juga itu Mpok, yang saos sambelnya juga. Pedesnya lebih nampol :D

      Delete
  9. Nyaaak, seger banget sih masak cap cay. Aku suka cap cay karena banyak sayur dicemplungin jadi satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, akupun Len. Sehat gitu dan seger jadi satu.

      Delete
  10. Enaaak, aku sih nggak pakai maizena, seneng encer gitu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku nih yang suka agak kentel. Katanya kalau encer mirip sop jadinya, hahaha

      Delete
  11. Salah satu jenis masakan favoritku karena banyak sayurnya hehe. Bikinnya juga simple

    ReplyDelete
  12. Saya paling suka masak capcay terutama yang ada cumi-cumi atau sotongnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lina, ini aku kemarin nggak pake cumi. Pas nggak ada di kulkas, hehhe

      Delete
  13. 100 batang buncis itu banyak banget mbak.
    apa maksudnya 100 gram ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah iyaaa, Mba Nunik. Hahahaha, maafkan typo. Bener Mba 100gr :)
      Makasih koreksinya ya^^

      Delete
  14. Aku biasa bikin capcay pakai kaldu biasa sih kuahnya, kalau tomat malah belum pernah coba. Kayknya emang lebih sedep ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, ada asem-asemnya gitu, jadi syeger :D

      Delete
  15. tambah seger pakai tomat ya..
    eh mak, aku pernah beli capcay kuahnya merah tapi tidak pedas. itu pakai kuah apa ya?

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih banyak ya sudah mampir dan membaca blog ini. Yuk berkomentar, biar saling kenal dan saya bisa balas berkunjung^^