Bakso Penyet Sambal Kemangi

Bakso Penyet Sambal Kemangi

Assalamu'alaikuuum, apa kabar gengs? Udah ganti tahun ya, dan tahun 2017 lalu apa itu dikit banget postingan blognya. Hih, aku kezel. Tahun 2018 ini pastinya pengen lebih baik dong ya. Udah bercita-cita paling enggak ada dua postingan per minggunya. Sama pengen nge-review tempat makan yang ada di Palopo ini. Mumpung masih tinggal di sini dan sekalian promoin apa-apa yang saya suka dari kota ini. Terkhusus kulinernya tentu saja. Makan di luar mah rajin, kalau males masaknya lagi kumat, hahaha. Kenapa nggak sekalian buat konten di blog ini ya khaaannn?


Okeeh, postingan pertama di 2018!

Jadi beberapa waktu yang lalu, time line di Facebook maupun Instagram saya penuh sama aneka kreasi masakan dari So Good. Semuanya tampak lezat dan ya ampuuun, kok pada canggih dan kreatif amat yaaa masaknya. Saya sebenernya lebih tertarik ke varian baru So Good yaitu siap olah. Terdiri dari aneka ayam potong yang udah bersih dan siap di olah pokoknya mah. Ada yang isinya ayam utuh dipotong 10, ada yang khusus paha dan dada, ada juga yang memang khusus buat sop ayam, jadi kecil-kecil gitu potongannya.

Tapi eh tapi, udah ngider-ngider se antero Palopo ternyata enggak ada yang jual, katanya sih belum masuk sini *sad. Kalau yang siap masak macem sosis, nugget ataupun bakso kan udah biasa banget ya. Tapi kayaknya saya udah terpengaruh sama isi temlen, akhirnya beli juga dua bungkus bakso So Good, hahaha. Niatnya paling nanti buat campuran sop atau capcay.

Ternyataaa, pas masukin bakso ke kulkas saya lihat seikat kemangi yang kayaknya seger banget. Langsung deh kepikiran buat bikin bakso penyet. Pake sambel terasi, terus ditambahin kemangi. Sedap!

Resep sambelnya beneran kaya sambel terasi pada umumnya, cuma ditambahin sama kemangi pas udah digoreng dan diulek. Btw jeruk limaunya lupaaa buat dimasukin frame. Kagak kepoto dah :D.
Okelah langsung aja, ini dia:

Resep Bakso Penyet Sambal Kemangi



Bahan-bahan:

  • 8 butir bakso
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 5 buah cabe kerinting
  • 8 buah cabe rawit merah atau sesuaikan aja sama tingkat kepedasan yang diinginkan
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 1 sachet terasi
  • 1 ikat daun kemangi
  • 1 butir jeruk limau
  • garam, gula dan penyedap rasa
  • minyak secukupnya

Cara Memasak:

  1. Panaskan minyak, kerat/sayat bakso, lalu goreng sampai matang. Sisihkan.
  2. Goreng sampai layu bahan-bahan sambel: bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat. Goreng juga terasinya.
  3. Siapkan cobek dan ulekan, lalu ulek bahan sambel yang sudah digoreng. Boleh ulek kasar, boleh juga ulek halus, sesuai selera aja yes.
  4. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa sesuai selera.
  5. Masukkan daun kemangi yang sudah dipetiki dan dicuci bersih, aduk rata.
  6. Siapkan sambal yang sudah jadi, masukkan bakso, penyet sekenanya. Hidangkan dengan lalapan sesuai selera.

Wes, tinggal siapkan nasi putih, duduk sila, dan makan sepuasnya. Ra sah mikiri timbangan sik, soalnya menu bakso penyet sambal kemangi ini pasti bikin boros nasi sih. Pengen nambah terooos, hahahaha.


Salam,
Nyak Rotun.




    3 comments

    1. Susah ya bakso So Good ini di sana. Kalau digoreng colek sambel gini enak banget ya. Diriku kurang doyan makan kemangi, haha...

      ReplyDelete
    2. wow, aku kira bakso dalam kemasan itu kurang enak kl dimasak... ternyata yummy jg yah ^_^

      ReplyDelete
    3. Waduh jadi pengen bikin bakso goreng, keliatannya enak banget!

      ReplyDelete

    Halo! Terimakasih banyak ya sudah mampir dan membaca blog ini. Yuk berkomentar, biar saling kenal dan saya bisa balas berkunjung^^