SOCIAL MEDIA

Tuesday, September 06, 2016

Tongseng Ayam




Tongseng Ayam. Halo semua, Alhamdulillah di bulan September ini kita sudah masuk di bulan Dzulhijjah nih. Itu artinya sebentar lagi insyaAllah lebaran. Yeaaay. Idul Adha atau biasa disebut lebaran haji merupakan salah satu dari dua hari raya umat Islam, selain hari raya Idul Fitri. Siapa yang tahun ini berqurban? Insya Allah berkah ya.

Nah, ngomong-ngomong tentang Idul Adha, makanan apa yang terbayang? Sate? Gulai? Tongseng? Hmm...saya paling suka sate dan tongseng kambing. Dan selama di Palopo bener-bener harus sabaaar. Kenapa? karena nggak ada yang jual T___T. Beneran deh kenapa ya di sini nggak ada yang jual olahan kambing? Katanya karena masyarakat di sini memang kurang suka. Yang banyak ya ikan. Kalaupun daging, ya daging sapi. Saya di sini bisa makan daging kambing kalau ada yang aqiqah aja, wkwkwk. Selain itu, nggak bisyaaa...

Nah kemarin itu saya lagi nyari-nyari resep tongseng daging, persiapan buat Idul Adha nanti. Tapi tau nggak apa yang saya temukan? Resep tongseng, tapi tongseng ayam! Heh? Bisa ya ternyata. Dan pas saya lihat, bumbunya cukup mudah, cara masaknya simpel, dan yang terpenting bahan-bahannya ada semua di kulkas saya. Jadi saya langsung aja eksekusi resep tongseng ayam ini. Hasilnya? Enaaak, apalagi pakai irisan kol dan tomat yang banyak. Seger.

Buat yang mau variasi tongseng, bisa dicoba nih. Dimakan panas-panas dengan nasi putih dengan taburan bawang goreng. Hmmm..Yummiii..
Yuk lah langsung saja ini dia resepnya.

RESEP TONGSENG AYAM

Bahan:

  • 1 kg ayam (katanya lebih enak pakai ayam kampung. Iyalah pasti ya. Tapi kemarin saya adanya ayam negeri, ya sudah pakai itu saja deh)
  • 4 pasang ati ampela (saya kemarin cuma pakai sepasang) rebus sampai matang dan potong-potong
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas,geprek
  • 2 sdt garam atau sesuai selera
  • 1 sdt gula pasir
  • 1-2 sdm kecap manis
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • kol secukupnya, rajang kasar
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 10 cabe rawit utuh
  • 400 air kaldu atau secukupnya (saya kemarin pakai air biasa)
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

Cara Memasak:

  1. Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan bahan lain yaitu bawang meran dan bawang putih iris, daun jeruk, daun salam dan lengkuas geprek. Aduk aduk hingga rata dan layu.
  2. Masukkan ati ampela dan ayam, aduk rata hingga berubah warna.
  3. Tuang kaldu/air, bumbui dengan garam, gula pasir dan kecap manis. Aduk rata dan masak hingga meresap. Test juga apakah rasanya sudah pas sesuai selera. 
  4. Terakhir masukkan kol, cabe rawit, daun bawang dan irisan tomat. Aduk sebentar. Angkat.
  5. Sajikan panas-panas dengan taburan bawang goreng.
Nah, mudah kan cara membuat tongseng ayam ini? Yuk dicoba untuk keluarga tercinta :)

Salam,
^Nyak Rotun^

25 comments :

  1. Ini postingan nggak cuma bikin laper doang, tapi juga bikin baper.
    Si enyakkkk emang nih, biang kerok hahahhaha
    Nyaaaaaaaaaakkk blogmu ini unyu banget sihhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekekek..*kaboooor*
      Aih, unyu-unyu kaya yang punya kan? :p

      Delete
  2. aku baru aja mau posting tongseng kambing. tukeran ama tongseng ayam yuk nyakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee...samaan. Yuk Mba tukeraaa. Aku mau banget tongseng kambing T__T

      Delete
  3. Wiiih aku belum pernah coba masak tongseng nih. Ada resepnya di sinih, tinggal coba besok

    ReplyDelete
  4. Aku idem sama mba Anne, bpm pernah nyobain masak tongseng :D

    ReplyDelete
  5. Aku lumayan sering bikin tongseng ayam, Nyak. Sayangnya nggak pernah di poto2..wkwkwk
    tapi pengen lah, sesekali nyicipin masakannya Nyak

    ReplyDelete
  6. Wah kalau aku beberapa kali masak Tongseng Ayam mbak karena menurut aku mudah bikinnya walupun kadang suka lupa resepnya. Hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun kalo resep masih nyontek kok Dek, wkwkwk

      Delete
  7. Aku mau nyoba ahhh masak tongseng ayam mba. Kayaknya enak bangeet :)

    ReplyDelete
  8. di rumah lagi ga boleh masak ayam nih nyak hiks karena anak2 lagi diet ayam kata dokter ngaruh ke mata mereka. tapi mgk seekali boleh aja. kalo buat anak gausah pake pedes kali ya nyak tapi tongseng ga pedes ga seruuu

    ReplyDelete
  9. mantap nih nyakrotun rajin memasak juga, jadi lapar aku.. :-)

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget bikin tongseng, tapi seringnya daging kambing. Eh ayam juga pernah ding nyoba, ini resepnya beda dengan aku, coba deh bikin yang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mau juga dong nyobain versi Mba Wati^^

      Delete
  11. wah, baru tahu kalo ada tongseng ayam

    ReplyDelete
  12. Yaaa Allah..tongseng favorite aku inii apalagi kambing whaa..nambah-nambah makannya

    ReplyDelete
  13. Hihi..foto tongseng y berseni Mbak. Eh, salah fokus...:)

    ReplyDelete
  14. daginggg dagingggg
    serba daging di idul kurban hihihi
    cuma biasanya kan daging kambing yaaa bukan ayam

    ReplyDelete
  15. Mba Rotun, sejak suka berkunjung ke blog satunya aku jadi sering intip2 resep disini juga ;D Aku demen banget sama Tongseng. Biasanya buat pakai ayamnya yg ayam filet kupotong2, belum pernah pakai ayam potongan. Trus bumbunya biasa aku beli bumbu basah nya di pasar, belum pernah buat sendiri dari basic. Kapan2 mau coba ah :)

    ReplyDelete
  16. Aku suka tongseng, Nyak. Dulu pas masih di Bengkulu, langganan beli tongseng kambing di deket kantor. alamaak kebayang enaknya, pedes cabe rawitnya. Nyaaam. Pas pindah ke Bintuhan sini, gak ada yg jualan tongseng dong *sedih

    Resepnya boleh dicoba Nyak. Kayaknya simple yak. Tapi PR banget ngulek bumbu. hohooo

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih banyak ya sudah mampir dan membaca blog ini. Yuk berkomentar, biar saling kenal dan saya bisa balas berkunjung^^