SOCIAL MEDIA

Friday, September 30, 2016

Nasi Goreng Teri Selimut Telur



Haaaai, 
Pernah denger tebakan garing nggak, tentang: 

Penjual apa yang kurang kerjaan? 
Penjual nasi goreng. 
Nasi udah mateng aja masih digoreng :D.

Laris manis lagi. Dulu saya punya langganan tukang nasi goreng yang enak banget. Nggak jauh lagi tempatnya, cuma di depan gang masuk kompleks. 
Tapi meski cuma di depan gang, yang kalau mau beli cukup jalan kaki, tapi ternyata cukup memakan waktu.

Waktu buat ngantri -__-

Apalagi pas udah laper, ternyata sampai sana antriannya panjang banget masya Allah. Sering saya mutung dan akhirnya pulang lagi. Masak Indomie aja wes.

Nggak heran ya kalau nasi goreng masuk ke dalam salah satu kuliner Indonesia yang mendunia. Banyak banget penggemarnya! Apa kamu salah satunya? Variannya juga banyak ya. Ada nasi goreng seafood, nasi goreng sosis, nasi goreng teri, ada lagi nasi goreng gila yang saya belum pernah nyobain. Takut jadi gila *eh. Penasaran juga sih kenapa dinamakan nasi goreng gila x_x.

Nasi goreng ini menurut saya enak disantap pas pagi kalau nggak malam. Kalau siang kelezatannya jadi berkurang. Gitu nggak sih? :D. Nah, kalau saya sendiri, sering bikin nasi goreng buat sarapan. Soalnya sekalian memanfaatkan nasi yang masih sisa. 

Seperti kemarin, saya bikin nasi goreng teri. Soalnya lagi nggak ada bahan lain macem seafood atau sosis. Dan jujur aja nasi goreng teri ini paling favorit buat saya dibandingkan dengan nasi goreng varian lain. Sensasi kriuk dari teri medannya itu lho bikin nagih. Tapi kemarin pake terinya nggak terlalu banyak. Teri medan di Palopo mahal banget sodaraaaa *___*

Meski resep nasi goreng cenderung gampil dan siapa aja bisa masak, cuma nggak papalah saya share resepnya ya. Siapa tau ada yang belum pernah bikin nasi goreng teri. Yuk lah cuss.

RESEP NASI GORENG TERI MEDAN

Untuk satu porsi.

Bahan:

  • 1 piring nasi putih. Nasi kemarin lebih enak lho daripada nasi baru.
  • 1 buah telur
  • 50 gram teri medan, goreng hingga kering
  • Kecap 1 sdm. Ini sesuai selera aja ya. Kalau saya memang nggak terlalu suka nasi goreng yang terlalu pekat dengan banyak kecap. Jadi warnanya hanya kekuningan gitu deh. Lain sama yang di sebelah aka suami. Kalau makan nasi goreng buatan saya masih ditambahin kecap banyak banget. Dia memang penggemar kecap garis keras.

Bumbu halus:

  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabe keriting. Lebih maknyos sebenernya kalau pake cabe rawit yang banyaaak. Tapi kemarin saya skip karena sekalian buat anak-anak.
  • 1 sdt garam
  • sedikit terasi bakar

Cara Memasak:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, lalu sisihkan di pinggir wajan.
  2. Masukkan telur, buat orak arik lalu aduk rata dengan bumbu halus tadi.
  3. Masukkan nasi putih, aduk rata. Tambahkan kecap, aduk rata kembali. Saya ikutin abang nasi goreng langganan saya dulu. Masak nasi goreng dengan api besar. Saat masukin kecap, kecilin dulu apinya, terus gedein lagi dan aduk cepat. Jadi nasi goreng matang merata dan haruuum.
  4. Terakhir masukin teri medan yang sudah digoreng, aduk asal rata, matikan api.
  5. Sajikan dengan pelengkap. 
Kemarin saya sajikan dengan telur dadar lagi di atasnya, meskipun di nasi gorengnya udah ada telurnya juga. Nggak papalah boros sekali-kali. Demi tampilan yang oke dan mendapat judul yang panjang ngalahin kereta: Nasi Goreng Teri Medan Selimut Telur Dadar :v.

Selamat mencoba untuk keluarga tercinta ya!

Salam,
Nyak Rotun.

40 comments :

  1. Saya juga penggemar nasi goreng. Ga ada bosannya ya makan nasgor dan tiap tempat yg menjual nasgor rasanya beda2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kadang heran kok bisa beda-beda rasanya. Padahal kan bumbunya gitu-gitu aja paling *sok tau* :D.
      Kalau yang langgananku itu nggak jawab kalau ditanyain bumbu halusnya apa aja, katanya rahasia, wkwkkwk.

      Delete
  2. nyamm enak...
    idem di depan komplek aku ada penjual nasgor enak yg laris banget. pengen beli tapi males antri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi ide bisnis tuh Mba. Jual nasgor juga buat nyaingin dia *eh :p

      Delete
  3. Kenapa ya, aku gagal mulu bikin telur dadar yang cantik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, gagalnya gimana Mba Ade? Ngocoknya harus pas, terus pas masaknya apinya kecil aja, jadi nggak coklat tapi jadi kuning keemasan :D. Yuk cobain lagi.

      Delete
  4. Nasi goreng menu andalan kalo bingung mo bawain bekal apa buat anak pergi ke sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul. Soalnya bahan dan cara masaknya simpel ya Mba. Dan anak-anak juga suka deh :)

      Delete
  5. Nyak jago masaakk...
    Chef Rotun,
    Mauu donk nyobaiiin..

    *oh ya, ada yg kurang, chef.
    Nasi goreng mawut sama nasi goreng hitam.

    Enyaakk enyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih, chef Rotuuun..*kibas apron* :p

      Apa itu nasi goreng mawut? Aku belum pernah makan.
      Traktiiiirrrr!

      Delete
  6. Kayaknya enak nih...si Emak jago masak yoo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum jago kok Mba Amel, masih belajar juga. Yuk cobai, enak beneran :D

      Delete
  7. ku suka nasi goreng...Apalagi pedes! pernah klo make teri... Mksh resepnya mak☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum pedes lebih nampol ya Mba. Aku kalau lagi rajin sih bikin dua kali, jadi dipisah punyanya anak2.

      Delete
  8. masakan sederhana tapi paling banyak pengemarnya

    ReplyDelete
  9. Bau harum nasi goreng abang-abang itu menggoda banget Nyaak. Heran deh, perasaan kalau masak sendiri, gak seharum itu.
    Hm, kalau aku suka yang pedes nyak. Yang pakai teri nasi coba sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia Mba. Bisa menggoda banget ya harumnya. Dan gaya masaknya yang kayak sembarangan gitu asli bikin penasaran. Kok bisa enak banget. Katanya sih ada di berani bumbu sama api yang besar.

      Delete
  10. Nyaaakkkk.. Aku lapar lagiiii.. Kirim siniiii..

    ReplyDelete
  11. Duh, tampilannya menggoda sekali... Jd kabita, pdhl saya br beres sarapan...

    ReplyDelete
  12. Aaak jadi lapar lagi mbak. makasih share resepnya, bisa dicoba nnti :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo masak Mba, terus makan, kenyang deh :)))

      Delete
  13. laper Nyakkkkkkk
    mau dong nyak :(
    anak kost belum makan nih :-D

    ReplyDelete
  14. wawww nasi goreng... pengen...
    mau dung aku.... menggugah selera ini...

    ReplyDelete
  15. Kalau aku paling suka nasi goreng buatan suami, mba. Benar-benar tak tergantikan. Hihiii. Resepnya mba amu aku tiru ah. APlagi pakai selimut gitu. Hihiii
    Makasih mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dududu..enak banget suaminya pinter masak Mba. Sumiku paling pol masak mie instan. wahaha xD

      Delete
  16. nyaaaak, nasi goreng teri bikin nambah!

    ReplyDelete
  17. ini kesukaanku dari jaman SD, nasi selimutteluur :D
    rasanya endeees

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. akuuuuuu suka banget nasi goreng :D... segala macem jenisnya kyknya suka semua deh... nasi goreng putih, nasi goreng rawit, teri, nasi goreng tomyam, mau diapain aja nih nasi ttp enak yaa ;D ..kalo pake teri medan pun , duuuuh bisa nambah2 mbak :D..biar makin mantep aku ksh irisan rawit jd joss bgt pedesnya :D

    ReplyDelete
  20. huaaa...favorit aku banget ini mbaak ngences deh :)

    ReplyDelete
  21. Nasi goreng ini comfort food banget ya. Segak enaknya, tetep aja enak hihihi ... Selimut telur dadarnya rapi banget sih Mbak :)

    ReplyDelete
  22. lagi pengen makan ternyata kesini tambah lapaaar, banyak resep2 juga , simpen ya nyak :)

    ReplyDelete
  23. Lihat piring dan telur dadarnya jadi ingat nenek *salkus

    ReplyDelete
  24. Nyak, mau dong? Ngiler nih :p

    ReplyDelete
  25. waah kece photonya nih mbaak....menggugah selera

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih banyak ya sudah mampir dan membaca blog ini. Yuk berkomentar, biar saling kenal dan saya bisa balas berkunjung^^