SOCIAL MEDIA

Wednesday, February 17, 2016

Resep Ayam Bakar Sederhana

resep-ayam-bakar-sederhana.html 
Resep Ayam Bakar Sederhana. Disaat pengen bikin ayam bakar tapi nggak punya alat bakaran *apadeh* maka keluarlah ide kereatif ini: Ayam bakar teflon. Hasilnya? Silahkan lihat sendiri ya, hihi. Sebagai emak perantau yang hidup nomaden, salah satu yang sering menjadi penghalang kalau mau beli sesuatu itu ya, mikir nanti kalau pindahan repot. Jadi selama ini saya masak dengan alat alat sederhana nan minimalis. Wajan ada satu, teflon satu, panci two in one (yang ada kukusannya itu lho), sama panci susu satu. Udaaaahh.


Balik ke ayam bakar ya. Jadi ayamnya diungkep dulu. Kalau abis diungkep mau digoreng juga bisa. Langsung aja ya ini dia resepnya.

 RESEP AYAM BAKAR SEDERHANA 

Bahan:
  • 1 ekor ayam, potong jadi 8-12 bagian
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 400ml air
  • 6 sdm kecap manis
  • 2 sdm gula merah, sisir halus
  • 2 sdm air asam jawa
Bumbu Halus:
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • garam dan gula secukupnya 
  • (Pisahkan 1 sdm bumbu halus untuk olesan membakar ayam ya)
Cara Memasak:
  1. Lumuri potongan ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit, lalu cuci bersih kembali.
  2. Baluri dengan bumbu halus, diamkan beberapa saat.
  3. Rebus potongan ayam dan  bumbu halus dengan air secukupnya, masukkan juga daun salam, gula merah dan kecap manis, aduk rata.
  4. Rebus sampai air menyusut dan daging ayam empuk, angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan pan anti lengket, bakar potongan ayam sambil diolesi dengan sisa bumbu halus yang dicampur dengan 1 sdm margarin leleh dan 1 sdm kecap manis.
 RESEP SAMBEL TERASI

Bahan:
  • 2 siung bawang merah
  • 2 cabe merah besar, potong potong
  • 5 cabe rawit
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt terasi goreng
  • garam dan gula secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng
Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak, goreng bawang merah, cabe merah, cabe rawit dan tomat hingga layu
  2. Campur semua bahan sambal ke dalam cobek, haluskan.
Ayam Bakar Sederhana siap disajikan dengan sambal dan lalapan sesuai selera. Tinggal siapin nasi anget sebakul yaa...:D

10 comments :

  1. Suami saya tiap hari makan harus ada ayam bakar pasti di cobain resepnya makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..penggemar ayam bakar garis keras ya Mba, hahaha..sama2 Mba, makasih ya udah mampir :)

      Delete
  2. favoritnya anakku nih...ayam bakar, ayam goreng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya semua anak-anak suka ayam ya Mba, anakku juga :)

      Delete
  3. ngiler saya lihat gambarnya, disini belanja bahannya susyaaah harus ke pasar Thailand yang lokasinya jauh dari tempat saya tinggal :(

    ReplyDelete
  4. sukaa banget sama ayam bakar n ayam goreng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan sejuta umat ya Mba Inn, semua suka..:)

      Delete
  5. mba rotun, ditambahin kol goreng mesti tambah maknyuss...senenganku mkanan begini terus tambah kol digoreng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kui, aku sebenernya penasaran deh sama kol goreng. Sering denger, tapi belum pernah nyoba:D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete

Halo! Terimakasih banyak ya sudah mampir dan membaca blog ini. Yuk berkomentar, biar saling kenal dan saya bisa balas berkunjung^^