SOCIAL MEDIA

Monday, January 25, 2016

Resep Tahu Udang Saos Tiram

tahu udang saos tiram



Rasa rasanya saya telah menjelma menjadi penikmat udang garis keras. Sering banget masak udang soalnya. Pokoknya di list belanja mingguan, mesti si makhluk berpunggung bengkok ini masuk ke daftar belanjaan wajib. Abis gimana doong, enak sih ya dan bisa diolah menjadi beraneka macam masakan. Dan yang penting, tergolong murah dibanding saudara setempat tinggalnya cumi cumi apalagi kepiting..*lalu tetiba ingat belum pernah makan dan apalagi masak kepiting* Kasihan ya saya *sigh*


Ini bisa dibilang semacam bakwan. Di resep aslinya sih pake silken tofu, tapi adanya tahu putih, yoweslah hajar aja. Satu resep jadi 8 buah ukuran spt dalam foto. Mayan laah...ini dia resepnya.

•Tahu Udang Saos Tiram•

Bahan:
-1 buah tahu putih, hancurkan
-10 udang ukuran sedang, kupas, cuci bersih dan cincang kasar
-1 butir telor, kocok lepas
-2sdm tepung terigu
-2sdm tepung maizena
-1sdm tepung sagu/kanji
-1 siung bawang putih cincang halus
-1/2sdt minyak wijen
-garam dan merica bubuk secukupnya

Bahan Saos:
-1sdt minyak wijen
-2 siung bawang putih, iris
-1sdm saos tiram
-1/2sdm kecap manis
-air secukupnya
-sejumput merica
-1/2sdm tepung maizena, larutkan dg sedikit air

Cara memasak:

  1. Campur semua bahan tahu udang, aduk rata. Panaskan minyak, goreng adonan satu sendok makan sampai kuning keemasan. Lakukan sampai habis, sisihkan.

  2. Saos: panaskan minyak wijen, tumis bawang putih sampai harum, tambahkan air, saos tiram, kecap manis, dan sejumput merica. Aduk rata, cek rasa.

  3. Masukkan larutan tepung maizena, aduk dan masak sampai mengental.

  4. Penyajian: tata tahu udang di piring, siram dengan saos dan taburi biji wijen dan daun bawang.
    *Kalau nggak ada minyak wijen, boleh diganti minyak sayur biasa ya.
    *Saosnya juga bisa diganti asem manis atau mau sekedar dicocol saos sambel monggo lah, suka suka

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Baca juga: Resep Bistik Udang Saos Asam Manis.

6 comments :

  1. […] Baca juga: Resep Tahu Udang Saos Tiram. […]

    ReplyDelete
  2. Saya juga suka udang Mbak.. bolehlah ini kapan2 buat juga. Thanks resepnya ya Mbak, salam kenal.:)

    ReplyDelete
  3. Toss Mba, hehehe...Sama2, makasih udah mampir yaa..salam kenal jugaa..:)

    ReplyDelete
  4. kayaknya enak dan cara buat nya juga gak terlalu sulit, boleh di coba

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih banyak ya sudah mampir dan membaca blog ini. Yuk berkomentar, biar saling kenal dan saya bisa balas berkunjung^^