SOCIAL MEDIA

Sunday, January 31, 2016

Resep Soto Udang

resep soto udang




Resep Soto Udang. Hiyaaa...udang lagi udang lagi. Hihi, nggak papa lah, variasi olahan udang nggak habis habis. Yang ini dijamin beda dan bikin nagih. Soto ayam? Udah sering. Soto daging? Dagingnya lagi mahal. Soto mie? di Bogor noh banyak. Soto udang? Wih..ternyata ada ya.

Saking bingungnya mau dimasak apa lagi si udang, gugling resep eh, nemu soto udang. Cukup gampang kok. Dan nggak seribet soto ayam yang ayamnya mesti disuwir suwir dulu. Yaiyalah masa udang mau disuwir :D. Bagaimana hasilnya? Uwoow..pak suami makannya nambah. Sama nasi dan kemudian tanpa nasi. Dan saya? cukuplah memandang dengan penuh rasa bahagia dan haru, lalu saya ikutan kenyang. Hahaha...bohong banget ^^v.

Monday, January 25, 2016

Resep Kaki Naga

kaki naga



Ada yang tau kenapa makanan ini dinamakan kaki naga? Padahal nggak mirip ya. Kaki naga banyak cakarnya gitu kan? Kalo naga tau kakinya dimakan terus dia nggak terima gimana? Bisa disembur api kitaaa... Ini satu resep cuma jadi 12 buah. Kalo mau bikin banyak sok tinggal ditambah bahan2nya. Bikinnya kemarin dibantuin anak wedok, jadi hasilnya pletat pletot nggak sama gini. Tapi enaaak. Mirip yang di hokben itu lah *ngaku ngaku*.

Resep Tahu Udang Saos Tiram

tahu udang saos tiram



Rasa rasanya saya telah menjelma menjadi penikmat udang garis keras. Sering banget masak udang soalnya. Pokoknya di list belanja mingguan, mesti si makhluk berpunggung bengkok ini masuk ke daftar belanjaan wajib. Abis gimana doong, enak sih ya dan bisa diolah menjadi beraneka macam masakan. Dan yang penting, tergolong murah dibanding saudara setempat tinggalnya cumi cumi apalagi kepiting..*lalu tetiba ingat belum pernah makan dan apalagi masak kepiting* Kasihan ya saya *sigh*

Monday, January 18, 2016

Resep Buttermilk Pancake

resep-pancake-buttermilk-lembut.html



Kalau ditanya salah satu sarapan favorit saya dan anak anak, jawabannya: Pancake. Gampang dibuatnya, padat gizinya, dan bisa divariasikan dengan berbagai toping. Resep pancake pun ada macam macam: fluffy pancake, banana pancake, atau oat pancake. Mau ditopingin madu, sirup, aneka buah atau dengan tambahan eskrim, hmm..yummieeh..
Ini pertama kali nyobain resep pancake yang pakai buttermilk. Lebih lembuuut hasilnya. Oiya, ini bukan banana pancake ya, banana nya buat toping doang, nggak masuk adonan. Langsung aja ini dia resep komplitnya..

Saturday, January 16, 2016

Ayam Bumbu Cabe Kemangi

ayam bumbu cabe kemangi



Yang ayam yang ayaaam...

Udah lama nggak masak ayam yang 'normal'. Maksudnya keliatan bentuk ayamnya. Nggak ditepungi atau malah dibikin bakso
Ini resep gampil, nggak pake bumbu macem2 tapi tetep enak. Seger aroma kemangi. Pake cabenya cabe besar, jadi pedesnya nggak heboh kok. Anak2 bisa makan juga. Lagi males masak macem macem anak beda ortu beda. Hehehe.

Martabak Telor

Martabak telor



Halo haloo...happy Saturday...

Kalau weekend gini masaknya libur nggak sih? Apa malah masak some dish special buat keluarga? Kalau saya tergantung pada situasi dan kondisi. Misal ada kondangan atau ada acara yang ada makan makannya, saya libur masaaak. Atau kulkas kosong melompong belum belanja lagi, libur juga. Atau kalau penyakit saya lagi kumat, penyakit yang menjangkiti rata rata manusia pada saat weekend (apa saya doang?:D) yaitu penyakit malas, sodara! Hehehe...maka dipastikan libur masak jugak.

Ayam Popcorn

ayam popcorn



Yang suka makanan kriuk ngacung? Krupuk, keripik dan makanan kriuk lainnya pasti akrab dan menjadi kegemaran banyak orang, tak terkecuali anak anak. Bahkan, anak anak saya nih, kalau dimasakin apa aja yang ada embel embel 'kriuk' nya, baru ndenger aja udah girang. Udang crispy, cumi crispy, tempe crispy sekalipun yang niat awalnya buat lauk bisa habis dicemilin -__- *gembok tudung saji*. Seneng sih masakan kita digemari sama anak anak, tapi kan kata suami 'hemat beib..' *teteup..:D*

Sunday, January 10, 2016

Bistik Udang Asam Manis

bistik udang asam manis



Saya masih ingat, menjelang keberangkatan saya ke Palopo setahun yang lalu, seorang teman yang hidupnya nomaden juga bilang ke saya, "Enak lho tinggal di Palopo, di sana hasil lautnya melimpah. Kesempatan buat Rotun ngasih anak anak nutrisi dari seafood yang fresh".

Dan,ya..saya kemudian merasakannya sendiri. Di keluarga kecil kami, intinya saya dan pak suami lah ya, anak anak kan cuma mengikuti induknya :D dari dulu lebih suka seafood dibanding ayam atau daging. Kalau dibikin chart, seafood ada di urutan teratas, baru ayam dan menyusul daging. Dan rasanya surga banget tinggal di kota yang kalau sore datang, di pinggir jalan berjejer para ibu menjajakan ikan hasil suaminya melaut. Pilihannya banyaaaak...atuhlah mau pilih ikan jenis apa insyaAllah ada.

Saturday, January 09, 2016

Pisang Pasir Milo

Pisang pasir milo



Pisang adalah salah satu buah yang keberadaannya wajib di rumah saya. Jenisnya bisa apa saja. Pisang manis, pisang raja, pisang kepok, dan yang paling sering pisang ambon. Dimakan langsung enak, terutama pisang manis dan pisang ambon. Bahkan kalau diturutin, anak anak sekali makan bisa dua buah! :D. Sedangkan untuk jenis pisang raja atau kepok, bisa dibuat aneka olahan. Sekedar dikukus atau dibuat pisang bakar dengan aneka toping. Hmm..yummeeh..

Kemarin, pas gugling resep kok banyak ya yang pake pisang tanduk, terutama untuk olahan pisang goreng. Boleh nih dicoba. Akhirnya saya mengutus pak suami untuk membeli si pisang tanduk. Pas pulang..olalaa...panjang beneeer itu pisang. Seukuran tangan Ayyas kali. Karena pisangnya masih rada hijau, maka saya menunggu esok paginya untuk eksekusi. Besoknya...

Taraaa...(nggak pake budiman ya :p) jadilah si pisang pasir ini. Kriuk di luar, lembut dan wangi di dalam. Saya pake toping saos coklat, ditambah taburan Milo. Enyaaakk...yuk ah yang mau coba, ini dia resepnya.

PISANG PASIR MILO

Bahan:

  • 1 buah pisang tanduk, potong sesuai selera

  • 100gr tepung terigu

  • 100gr tepung roti

  • 100ml air matang

  • sejumput garam

  • 1 sachet skm coklat/saos coklat

  • 1 sachet Milo

Cara:

  1. Ambil 3sdm tepung terigu, cairkan dengan 75-100ml air, beri sejumput garam, aduk hingga merata.

  2. Masukkan satu persatu potongan pisang ke tepung kering, lalu celupkan ke adonan basah dan terakhir gulingkan ke tepung roti.

  3. Panaskan minyak, goreng pisang sampai kuning kecoklatan.

  4. Penyajian: tata pisang dipiring, beri toping saos coklat, lalu taburi Milo.

Cukup mudah kan? Nyam nyam kriuk kriuk deh pokoknya. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat :)